Oleh: purbodjati | Oktober 27, 2009

Inspirasi dari Solo mengepakkan sayap BURUNG GARUDA PANCASILA.

Inspirasi dari Solo mengepakkan sayap BURUNG GARUDA PANCASILA.
(Purbodjati)

Syukur alhamdulillah, atas usaha yang keras dan penuh aneka ragam: ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, kiranya Alloh Tuhan Yang Maha Esa meridhoi harapanku untuk menambah ibadahku dengan media komunikasi blog ini.
Benar juga apa yang disarankan para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia dan generasi penerusnya, bahwa usaha untuk mewujudkan masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, dalam perjalanannya ternyata setahap demi setahap selalu mendinamisasi seluruh warga bengsa ini untuk merubah dirinya sesirama dengan dinamika perkembangan dunia.
Ungkapan “….. Ikut serta menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi …..” dalam Preambule Undang Undang Dasar 1945, ternyata merupakan bukti nyata betapa cerdas dan arif bijaksananya pandangan kedepan para pejuang dan pendiri Republik tercinta ini.
Kita semua tahu bahwa beliau-beliau pada saat itu hidup dalam deraan penderitaan yang sangat menyakitkan dan memilukan. Salah satu modalitas untuk menahannya adalah ketekunannya untuk mematuhi, menjalankan dan mengembangkan budaya bangsa yang telah berjalan secara turun temurun serta menyempurnakannya dengan nilai-nilai budaya dari mancanegara yang sudah bersentuhan dan berkolaborasi sejak jaman Kerajaan Sriwijaya.
Disinilah bukti bahwa seberat apapun ketertindasan yang dialami oleh seseorang/komunitas kehidupan, maka apabila dihadapi dengan “kesabaran-kerja keras dan kemauan untuk berubah” maka daya tahan, kecerdasan dan daya tangkal akan muncul.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: