Oleh: purbodjati | Maret 16, 2009

DINAMIKA DEMOKRASI: Ketika Suara Tuhan Dimandatkan Pada Rakyat.

Alhamdulillah, kemajuan demokrasi Indonesia telah mencapai tingkat kesadaran para pemegang mandat rakyat untuk mengembangkannya. Kini kehendak rakyat Indonesia telah sampai pada masa pelaksanaan pemilihan umum legislatif secara langsung. Semua komponen bangsa punya hajat besar, dengan cita-cita luhur, yakni upaya mencapai masyarakat adil makmur dalam agenda reformasi untuk restorasi.
Semoga mandat yang benar-benar telah dikembalikan pada semua warga bangsa ini benar-benar dapat dipergunakan sesuai dengan pendalamnnya dibidang IPOLEKSOSBUDHANKAM. Rakyat pemilik kekuasaan benar-benar mampu memanfaatkannya dengan ibadah yang benar, dan terhindar dari kemungkinan khianat terhadap hati nuraninya.
Saatnya rakyat diuji atas kekuatan kearifan yang telah terbentuk dalam dinamika sejarah kehidupan bangsa Indonesia yang syarat dengan berbagai pengalaman yang salah dan benar.
Akan tertarik pada yang mana saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air nanti ? Apakah masih senang untuk berbuat kesalahan atau untuk berbuat kebenaran ? Saat ini sedang diuji, ada yang mandatnya itu dizikirkan kehadirat Tuhannya masing-masing dalam ibadahnya, ada yang tawar-tawarkan untuk mendapat imbalan sesuai dengan kebutuhannya, ada yang masih didiamkan saja untuk melakukan proses adaptasi, ada yang ditaruh diluar hiruk pikuknya prosesi demokrasi yang sudah berjalan, yah macam-macam. Semuanya sedang berproses untuk pembelajaran.
Semoga proses demokrasi ini benar-benar dapat disambut oleh warga bangsa untuk pencapaian hasil yang produktif dan harmonis.
Selamat berdemokrasi, sukses.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: